DPR Inisiasi Gerakan Parlemen Asia-Afrika

index

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Dewan Perwakilan Rakyat menjadi pemrakarsa perhelatan Konferensi Parlemen Asia Afrika. Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah mengharapkan gelaran tersebut dapat dilanjutkan sebagai kekuatan parlemen untuk negara-negara di wilayah selatan dunia. Sebab, penyelenggaraan antar parlemen se-Asia dilakukan untuk pertama kalinya. Sehingga diharapkan dapat merubah wajah parlemen dunia melalui Konfrensi Asia Afrika.

“Semoga ada negara yang mau jadi host parlemen KAA,” ujar Fahri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (23/4/2015).

DPR lanjut dia, berharap dengan adanya forum tingkat tinggi yang dapat menyatukan atarparlemen negara-negara peserta KAA ini, menjadi jalan tengah guna menyelesaikan permasalahan global. Diharapkan dengan adanya forum tersebut menjadi ajang diplomasi dalam pergaulan internasional diluar pimpinan-pimpinan kepala negara.

“Jadi dalam hubungan internasional, parlemen sebagai second track diplomacy. Muncul diplomasi level dua, antara parlemen dan parlemen,” jelasnya.

Lebih lanjut politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu memandang jika parlemen memiliki kekuatan seperti halnya para kepala negara yang tergabung dalam KAA. Hasil dari konfrensi Parlemen Asia Afrika diharapkan dapat bersinergis dengan para eksekutif negara-negara se-Asia Afrika.

“Legislatif punya understanding sama maka eksekutif akan sama. Kalau ada gerakan KAA yang eksekutif-eksekutif, parlemen akan baik untuk ke depan,” pungkasnya.(nisa)

Berita Terkait