Dua Raksasa Elektronika Dunia Tambah Investasi di Indonesia

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Produsen elektronik Sharp Corporation dan LG Electronics akan menambah kapasitas pabriknya di Indonesia. Produk yang akan dihasilkan untuk tujuan ekspor dan domestik.

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartanto mengatakan bakal terus memantau perkembangan ekspansi atau perluasan pabrik LG dan Sharp.

“Sharp kan mereka juga sudah punya operation di Indonesia. (LG) kan juga sama sudah punya basis di sini. Jadi sifatnya ekspansi,” katanya saat ditemui di kantornya, kemarin.

Direktur industri elektronika Kementerian Perindustrian, Janu Sunaryanto membenarkan rencana ekspansi tersebut. “Untuk Sharp itu pabrik mesin cuci dua tube. Kalau LG untuk pabrik AC,” ujarnya.

Peresmian ekspansi pabrik Sharp akan dilakukan bulan depan di Karawang International Industrial City (KIIC). “Iya, ini untuk ekspor,” ujar Janu.

Pabrik LG akan memproduksi AC yang lokasinya di Legok, Tangerang. Ekspansi ini diharapkan menekan barang impor. Impor AC di Indonesia per tahunnya mencapai US$ 300 juta.

“Juni mulai setting. Penjualan akan dimulai September 2019,” ujarnya.

Sebagai langkah awal, sebanyak 25 ribu unit AC LG akan diproduksi lalu dijual ke pasaran. Selanjutnya, jumlahnya akan dinaikkan menjadi 50 ribu unit.

“Ya paling tidak nanti bisa di ekspor (juga) ke ASEAN,” tutupnya. (sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar