Dua Tahun lagi, Indonesia Swasembada Kebutuhan Pokok

161214-NAS-12

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Pemerintah berupaya mencapai swasembada sejumlah kebutuhan pokok dalam waktu dua tahun untuk menjaga ketahanan dan keamanan pangan nasional, kata Wapres Jusuf Kalla (JK).

“Dua hingga tiga tahun mendatang bahkan mungkin satu tahun sudah bisa swasembada padi, gula, jagung dan kedelai,” jelas JK di Kantor Wapres Jakarta, Senin O(15/12/2014).

Menurut Wapres agar mampu mencapai swasembada pangan setidaknya dibutuhkan sejumlah persyaratan seperti bibit yang benar, baik dan tepat waktu.

Juga ketersediaan pupuk yang tepat waktu. Agar semua proses penanaman tepat waktu maka diperlukan suatu kepastian hukum agar tidak terjadi keterlambatan pengadaan dan tanam.

Hari itu Wapres menyaksikan penandatanganan Surat Edaran Bersama Upaya Khusus Pencapaian Swasembada Padi, Jagung, dan Kedelai. Penandatanganan dilakukan Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono, Wakil Kepala Polri Komjen Pol Badrodin Haiti, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, serta Jaksa Agung HM Prasetyo. Ikut menyaksikan Menteri Perekonomian Sofyan Djalil. (siswoyo)

Berita Terkait