Dubes Asing Hadiri Deklarasi KAMI, Membahayakan Indonesia

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Duta Besar (Dubes) Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun terlihat hadir dalam acara deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang digelar di Tugu Proklamasi, Jakarta, kemarin. Komisi I DPR RI menyayangkan pelibatan dubes asing dalam acara deklarasi KAMI itu.

“Saya menyayangkan peristiwa diundangnya Duta Besar Palestina ke dalam gerakan penyampaian pesan politik,” kata Ketua Komisi I Meutya Hafid kepada wartawan, Rabu (19/8/2020).

Meutya menjelaskan penyampaian aspirasi kepada pemerintah merupakan hak setiap warga negara. Namun, menurut dia, tokoh-tokoh pendiri KAMI semestinya memahami bahwa pelibatan pihak asing dalam acara, seperti deklarasi KAMI, juga berbahaya bagi internal dalam negeri.

“Aspirasi atau penyampaian pandangan dan masukan ke pemerintah sebetulnya sah-sah saja, namun karena yang hadir banyak tokoh-tokoh, ya, yang menurut saya harusnya paham bahwa pelibatan Dubes Asing dalam gerakan politik menyalahi aturan,” tutur Meutya.

“Di samping menyalahi aturan, praktik melibatkan perwakilan asing dalam gerakan berbau politik juga berbahaya untuk internal dalam negeri,” imbuhnya. (sabar)

Berita Terkait