Dubes: Itu Surat Deportasi Bukan Izin Keluar….

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Kabar tentang kepulangan Rizieq Shihab yang diungkap oleh menantunya, Habib Hanif Alathos menyeruak. Dirinya menyebut Habib Rizieq sudah mengantongi bayan safar atau surat izin keluar dari Arab Saudi.

“Baru saja kami dikabarkan dari Makkah, kemarin dikabarkan oleh Ustaz Shobri (Ketua Umum DPP FPI) bahwa surat cekal sudah dicabut betul, (dan) dendanya sudah dihapus. Hari ini, bayan safar sudah terbit. Artinya, izin keluar dan alhamdulillah hari ini sudah terbit,” kata Hanif dari atas mobil komando dilansir laman Rol.

Dubes RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, angkat bicara terkait kepulangan tersebut. Menurutnya, Bayan Safar merupakan bentuk upaya deportasi Arab Saudi terhadap WNA yang bermasalah dan melakukan pelanggaran di negara tersebut.

Agus Maftuh menegaskan bahwa ada anggapan yang keliru soal Bayan Safar.

“Bayan safar adalah merupakan izin keluar atau exit permit yang sebenarnya merupakan surat perintah untuk mendeportasi warga negara asing, yang melakukan pelanggaran imigrasi atau pelanggaran hukum di Arab Saudi,” ujar Agus Maftuh, beberapa waktu lalu.

Surat itu sendiri berwujud secarik kertas dengan kop Direktorat Umum Imigrasi Kementerian Dalam Negeri Kerajaan Arab Saudi dan dicetak landscape.

Surat itu berisi tujuh kolom, yakni nomor urut, nomor pelanggar undang-undang, nama pelanggar, nomor iqomah/KTP (jika ada), nomor dokumen (paspor), jenis kelamin dan jenis pelanggaran. (sabar)

 

Berita Terkait