Elektabilitas Ganjar Pranowo Melejit Jauh di Atas Prabowo

Ganjar Pranowo Capres terkuat 2024

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Hasil jajak pendapat lembaga survei Indo Riset menunjukkan elektabilitas calon presiden (capres) Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo bersaing ketat dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan 18-23 Agustus 2022, elektabilitas Ganjar berada di angka 33,4 persen, sedangkan Prabowo mendapatkan angka 33,3 persen.

“Bila Pilpres diikuti oleh tiga pasangan calon, diperkirakan akan berlangsung dalam dua putaran,” tutur peneliti Indo Riset Roki Arbi di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (7/9/2022).

Sementara itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di peringkat ketiga dengan elektabilitas 27,7 persen. Menurut Roki, hal itu menunjukkan publik belum menentukan secara pasti siapa figur yang paling tepat untuk menjadi Presiden pada Pemilu 2024 nanti.

“Belum ada capres yang dominan dan kuat secara elektoral,” ucapnya. Adapun survei melibatkan 1.120 responden yang berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah. Sampel dipilih secara acak dengan metode multi-stage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,94 persen. Survei dilakukan melalui proses wawancara tatap muka menggunakan komisioner. (sabar)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.