Elektabilitas Ganjar Tetap Teratas Mengungguli Prabowo dan Anies

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyatakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali menempati posisi tertinggi dalam survei elektabilitas calon presiden yang mereka lakukan pada 7-11 Januari 2023.

Basis pendukung Ganjar disebut sama dengan basis pendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menyatakan bahwa Ganjar mengungguli para pesaingnya dalam berbagai simulasi yang mereka lakukan.

Dalam simulasi 19 nama, Ganjar mendapatkan dukungan 27,2 persen, unggul atas mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (16,8 persen) dan Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (16 persen). Demikian halnya dalam simulasi 10 nama dan 3 nama.

“Dalam simulasi tiga nama, Ganjar paling banyak dipilih 36 persen, Anies 24,2 persen dan Prabowo 23,2 persen,” kata dia dalam rilis hasil survei tersebut, Minggu 22 Januari 2023.

Meski demikian, Djayadi menyatakan masih terdapat 16,3 persen masyarakat yang menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Survei ini dilakukan dengan wawancara melalui telepon terhadap masyarakat yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon atau ponsel, atau 83 persen dari total populasi nasional. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode pembangkitan nomor telepon secara acak atau random digit dialing.

LSI menyatakan mereka total mewawancarai 1221 responden. Margin of error survei ini sekitar 2,9 persen dan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Djayadi menyatakan basis pendukung Ganjar Pranowo berasal dari kelompok masyarakat yang merupakan pendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019. Hasil survei itu menunjukkan 41,9 persen pendukung Jokowi akan memberikan dukungannya kepada Ganjar pada Pilpres 2024.

Indikasi lain kuatnya korelasi antara pendukung Jokowi dengan Ganjar terlihat dari kelompok masyarakat yang menyatakan puas terhadap pemerintahan saat ini. Dari 76,2 persen masyarakat yang menyatakan puas terhadap kinerja presiden, 35,4 persen diantaranya mendukung Ganjar.

Menghangat

Hubungan Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kembali menghangat. Pangkalnya Jokowi memberi sinyal dukungan terhadap Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sebagai calon presiden Pemilu 2024.

Berdasarkan basis partai, basis pendukung PDIP masih menjadi lumbung suara bagi Ganjar Pranowo. Sebanyak 48,1 persen pendukung PDIP disebut mendukung Ganjar. Dukungan bagi Ganjar juga datang dari basis PKB (49,1 persen), PAN (35,3 persen), NasDem (34,4 persen) dan Golkar (25,9 persen).

Seperti diketahui, Presiden Jokowi memang sempat beberapa kali memberikan sinyal akan mendukung Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. Diantaranya, ketika dia menyebut bahwa sosok pemimpin yang layak dipilih adalah yang memiliki rambu berwarna putih dan banyak kerutan di wajah.(sabar)

 

 

 

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.