Site icon TubasMedia.com

Elektabilitas Nasdem Semakin Ambruk

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Hasil survei lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terkini menunjukkan bahwa Partai Nasdem belum mengalami kenaikan suara setelah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres).

Survei terkini mengungkapkan Nasdem berada di posisi enam dengan 4,8 persen elektabilitas.

“Ya tentu kalau kita harapkan Nasdem mengalami kenaikan karena efek deklarasi menjadi lebih kuat dibanding hasil Pemilu 2019, kita belum melihat itu,” kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam rilis survei yang ditayangkan di Youtube SMRC TV, dikutip Kamis (24/11/2022). Dari hasil survei SMRC saat ini, posisi partai besutan Ketua Umum Surya Paloh itu masih berada jauh di bawah PDI-P dengan 25,6 persen suara. Begitu juga dengan partai koalisi pemerintah lainnya seperti Golkar dengan 9,7 persen, Gerindra dengan 9 persen, dan PKB dengan 5,6 persen.

Deni mengatakan, elektabilitas Nasdem saat ini jauh menurun jika dibandingkan hasil Pemilu 2019. “Karena (hasil pemilu) 2019 (Nasdem mendapatkan) 9,1 persen, sekarang 4,8 persen. Itu artinya malah mengalami penurunan, belum ada tanda-tanda Nasdem menjadi lebih kuat dibanding 2019 hingga saat ini gitu ya. Setidaknya sampai saat ini,” ucap Deni.

Kendati demikian, Deni menilai tak menutup kemungkinan bahwa Nasdem bisa mengubah keadaan ke depannya menjadi lebih baik. Dia memperkirakan, Nasdem tetap bisa menaikkan dukungan pemilihnya, terkhusus pada masa-masa kampanye pemilu.

“Karena pengalaman sebelumnya pun Nasdem cukup baik dalam masa-masa kampanye resmi, bisa naikkan elektabilitas hingga mencapai 9,1 persen,” imbuh Deni. (sabar)

Exit mobile version