Enceng Gondok Tumbuh Subur di Pelabuhan Muara

sepanjang Pantai Muara ditumbuhi enceng gondok

TARUTUNG, (tubasmedia.com) – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara  (Taput)  sepertinya tidak serius menjadikan Muara menjadi Daerah Tujuan Wisata(DTW) hal itu dapat terlihat dari suburnya eceng gondok tumbuh menghiasi dan sekaligus memberikan kesan jorok tidak tertata pinggiran pantai dan Pelabuhan  Danau Toba yang dibangun puluhan milyar itu.

Hal itu disampaikan Pria paroh baya bermarga Siregar yang sedang menikmati  secangkir kopi diwarung dekat Pelabuhan itu “apakah pemkab Taput tidak memperhatikan ini” ujarnya kepada awak media ini sembari menunjuk nunjuk eceng gondok yang menumpuk di pelabuhan itu.

Saya melihat di kabupaten lain sekitar kawasan Danau Toba sudah tidak ada lagi eceng gondok “koq di Muara tumbuh subur”ucapnya.

Dia berharap Pemerintah mau membuat terobosan baru untuk menyediakan alat seperti mesin penghancur eceng gondok”selain bersih juga dapat dimanfaatkan menjadi kompos”jelasnya.

Saat dikonfirmasi kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Heber Tambunan melalui WA nya, dia mengaku tidak ada dianggarkan di Dinas yang dipimpinnya tahu anggaran 2022.

Sementara Camat Kecamatan Muara Parlindungan Sianturi SH di kantornya kepada tubasmedia.com Rabu 26/10 mengaku bahwa anggaran pengendalian pertumbuhan eceng gondok di Danau Toba ada tertampung 49 Juta rupiah “sudah dilaksanakan pembersihannya 4 kali dalam tahun ini”ujarnya.

Kita berharap tahun depan anggarannya tertampung lebih besar lagi agar cukup untuk di pakai membersihkan pantai Danau Toba dari eceng gondok sebutnya.

Dari pengamatan wartawan tubasmedia.com dilapangan, diduga ada semacam pembiaran dan ketidak pedulian Pemerintah atas kebersihan pantai Danau Toba di Taput. hal itu terlihat jelas dari subur dan maraknya tumbuh eceng gondok disepanjang pantai  di Kecamatan Muara.

juga anggaran pengendalian pertumbuhan eceng gondok di Danau Toba dinilai terlalu kecil.

Hal yang mustahil bila Kota Muara dapat menjadi Daerah Tujuan Wisata tanpa dukungan anggaran yang memadai untuk membersihkan Pantai Danau Toba di Kecamatan Muara (edison ompusunggu)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.