Site icon TubasMedia.com

F-PDIP Gelar Diskusi Bahas Kerusakan Jalan

Laporan : Yon

Ilustrasi

SEMARANG, (Tubas) – Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Tengah, Senin (4/4/2011) menggelar diskusi untuk menyikapi jalan Pantura Jawa Tengah dan jalan negara jalur selatan sepanjang Wonogiri – Jati Srono menuju Jawa Timur serta belum terselesaikannya jalan tol Semarang – Ungaran di km 5,5. Diskusi itu akan menghadirkan nara sumber dari Dinas Bina Marga Jawa Tengah dan PT. Trans Jawa Tengah serta Dinas Perhubungan, Komunikasi & Informatika Provinsi Jawa Tengah.

Ketua Fokus Grup Diskusi (FGD) yang juga Ketua Komisi D, DPRD Jateng, Rukma Setya Budi mengatakan kondisi jalan di Pantura Jawa Tengah dan Jalur Selatan Wonogiri–Jati Srono menuju Jawa Timur kondisinya sangat memprihatinkan, rusak parah penuh lubang yang membahayakan pengguna jalan.

Mengelupasnya lapisan aspal akibat dari curah hujan yang cukup tinggi pada jalan tersebut diperparah oleh hilir mudiknya bus yang melaju dengan kecepatan tinggi dan truk bermuatan di atas rata-rata tonase yang diizinkan.

Rukma mengharapkan kehadiran kedua dinas yaitu Dinas Bina Marga yang membawahi pembangunan dan peningkatan jalan dan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi sebagai pengawas dan pemberi izin kendaraan bermuatan, maka akan didapatkan titik temu penyebab percepatan kerusakan jalan-jalan di Jawa Tengah.

“Apakah mutu jalan yang dibangun di bawah standar atau kendaraan yang lewat melanggar batas jumlah muatan yang telah diizinkan, atau kedua-duanya yang menjadi penyebabnya,” katanya. ***

Exit mobile version