Fakultas Farmasi USB Gelar Workshop TDM

IMG_20160917_090658.jpg2

SURAKARTA, (tubasmedia.com) – Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi (USB) Surakarta menggelar Workshop bertema “Basic Principles of Therapeutic Drug Monitoring” Sabtu (17/9) dan Minggu (18/9) di Auditorium Gedung A USB.

Acara tersebut diikuti oleh mahasiswa Fakultas Farmasi USB dan peneyenggarara menghadirkan Prof. Lukman Hakim Ph.D., Apt., dari Departemen Farmakologi & Farmasi Klinik, Fakultas Farmasi UGM sebagai narasumber.

Therapeutic Drug Monitoring (TDM) adalah monitoring atau pengawasan kadar obat di dalam darah, untuk mengetahui kadarnya telah berada di dalam kisar terapeutik. TDM sendiri merupakan aplikasi farmakokinetik dalam klinik.

Tujuan dari TDM dalam terapi adalah untuk menentukan regimen dosis yang tepat pada pasien per pasien, serta untuk meningkatkan kesembuhan pasien dan menurunkan ketoksikan karena obat, selama proses pengobatan berlangsung.

Ketua Panitia Workshop, Iswandi, S.Si., M.Farm., Apt., dalam laporannya menyebutkan bahwa banyak perkembangan informasi dari ilmu dan teknologi terkait dengan Drug Monitoring.

Oleh karena itulah, workshop ini digelar untuk memberikan update informasi terbaru tentang Drug Monitoring. Selain itu, workshop ini juga bertujuan untuk mempersiapkan para Apoteker yang akan bekerja di bidang kefarmasian.

Sementara itu, Wakil Rektor II, Dr. Y. Kristanto, SE., MM., yang membuka workshop tersebut mengapresiasi tema yang diangkat dalam workshop ini.

Diharapkan, mahasiswa yang mengikuti workshop ini bisa betul-betul memahami materi yang disampaikan, dan mendapatkan informasi yang up to date tentang Therapeutic Drug Monitoring.(roris)

Berita Terkait

Komentar

Komentar