Fakultas Psikologi USB Gelar Workshop

21

SURAKARTA, (tubasmedia.com) – Sebagai calon lulusan ataupun praktisi dalam bidang Psikologi, pengetahuan tentang teknik wawancara sangat dibutuhkan.

Seorang Psikolog, Ankur Garg menyatakan wawancara dapat menjadi alat bantu saat dilakukan oleh pihak yang mempekerjakan seorang calon /kandidat untuk suatu posisi, atau orang biasa yang sedang mencari tahu tentang kepribadian seseorang ataupun mencari informasi.

Teknik wawancara di tempat kerja ada dua jenis yakni wawancara tradisional dan wawancara behavioral. Wawancara kerja behavioral dimaksudkan untuk mengetahui respon individu terhadap suatu kondisi atau situasi tertentu sehingga pewawancara dapat melihat bagaimana pelamar memandang suatu tantangan /permasalahan dan menemukan solusinya dari proses awal hingga pencapaian yang dilakukan. Dalam hal ini dikenal dengan istilah STAR (Situation, Task, Act, Result).

Demikian dikemukakan Rocky Valentino, MSi, Psi, pembicara dalam Workshop dengan tema “Wawancara Kerja Berbasis STAR ” yang diadakan Fakultas Psikologi Universitas Setia Budi (USB) Surakarta, Sabtu (3/12) di Hotel Dana Surakarta.

Workshop tersebut diikuti oleh 42 peserta yang merupakan mahasiswa dan praktisi. Dalam workshop tersebut, para peserta juga mendapatkan materi bagaimana menambah kemampuan dalam menjadi pewawancara, apa saja model pertanyaan berbasis STAR dan pertanyaan “Competency Based Human Resources (CBHRM)”. Selain menerima materi, para peserta juga melakukan simulasi wawancara kerja.

Sekretaris Fakultas Psikologi USB, Patria Mukti SPsi, MPsi, dalam sambutannya mengatakan  workshop ini sangat penting untuk diikuti oleh mahasiswa atau pun lulusan psikologi, HRD, bahkan assessor untuk mengetahui perkembangan teknik wawancara.

Diharapkan para peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat melalui workshop ini, di instansi masing-masing untuk peningkatan kualitas kerja.

Sementara itu, Wakil Rektor IV USB, Titik Sunarni, SSi, MSi, Apt, mengapresiasi kegiatan ini karena berperan penting dalam pengembangan SDM, sejalan dengan visi dan misi USB.

Pihaknya menyoroti persaingan di dunia kerja yang semakin ketat, sehingga dibutuhkan kemampuan individu yang unggul tidak hanya dalam hardskill tapi juga softskill. Maka dari itu kegiatan workshop atau pelatihan singkat seperti ini sangat penting untuk diikuti agar bisa meng-update perkembangan ilmu pengetahuan. (tk)

Humbanghas
Humbanghas

Berita Terkait

Komentar

Komentar