Film Pasukan Kapiten

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

JAKARTA, (TubasMedia.Com) – Tak jarang kita temukan orang yang merasa tak berdaya melawan sesamanya yang suka usil, entah karena keterbatasan fisik atau mentalitas yang suka berpasrah. Begitu sesamanya mengancam atau “menodong” sesuatu yang dimilikinya, dia pun menyerah begitu saja tanpa ada perlawanan sedikit pun.

Namun, lain halnya yang terjadi pada Yuma, sebagaimana diceritakan dalam film berjudul Pasukan Kapiten. Menghadapi usilan teman-temannya, Yuma lalu mencari solusi agar teman-temannya tak akan terus “merampok”-nya. Ia lalu bertemua dengan seorang kakek dan meminta bagaimana caranya agar dirinya (Yuma) dapat mengalahkan lawan-lawannya yang selalu bandel terhadap dirinya.

Sang kakek lalu melatih Yuma layaknya seorang tentara setalah Yuma bercerita tentang masalahnya dengan Irfan dan gerombolan temannya yang bandel. Tak lama kemudian bergabunglah Asti, jago silat. Bersama-sama mereka mencetuskan strategi untuk mengalahkan Omar dkk.

Suatu hari Yuma membuntuti Kakek yang pergi dari rumahnya dan memergokinya sedang mengintip halaman sebuah rumah mewah, di mana ada gadis cilik sedang bermain. Anak kecil itu adalah cucu Kakek, Citra, yang dilarang bertemu dengan Kakek oleh anak Kakek sendiri, Widodo. Terungkap bahwa Kakek memiliki cerita keluarga yang pahit.

Strategi perang Kakek dan Yuma dkk berhasil, namun terjadi konflik di kompleks perumahan karena para orangtua menyalahkan Kakek atas keributan yang terjadi. Karena merasa bersalah, Kakek menarik diri dan enggan bertemu dengan Yuma dkk.

Kakek akhirnya memberanikan diri bertemu dengan Widodo untuk minta maaf atas kesalahannya di masa lalu sebagai seorang ayah. Kakek diizinkan bertemu dengan Citra. Pertemuan membuatnya berbahagia dan kemudian meninggal dengan tenang.

Kepergian Kakek menorehkan makna berarti bagi Yuma, Saleh, Asti, dan Widodo: sebuah kearifan untuk berani melawan rasa takut di dalam diri. Film besutan Rudi Soedjarwo ini dapat kita saksikan di bioskop-bioskop Tanah Air mulai 6 Desember mendatang. (stevie)

Berita Terkait

Komentar

Komentar