Site icon TubasMedia.com

FKPM Terbentuk di Semarang

Laporan : Bambang Sutiyono

Ilustrasi

SEMARANG, (Tubas) – PT. Indonesia Power (Persero), Unit Bisnis Pembangkitan Semarang, dalam waktu dekat akan membentuk Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM). Hal itu terungkap dalam sebuah rapat yang digelar di Semarang (25/3).

Menunjuk keterangan Wakasat Binmas Polrestabes Semarang, Kompol. Dewi disebutkan, rencana kegiatan itu merupakan wujud kerjasama antara PT. Indonesia Power (Persero), Polri dan masyarakat. Ke depan FKPM diharapkan, dapat membantu tugas-tugas Polri, menyelesaikan perkara-perkara ringan yang terjadi di lingkungannya.

Hadir pada kesempatan itu, Slamet Widodo, Pls Manajer Humas dan SDM PT. Indonesia Power (Persero) UBP Semarang. Pria yang sehari-hari nglajo dari rumahnya di Salatiga ini, mengajak kerjasama yang baik dengan masyarakat lingkungan usahanya.

Bukan saja soal Polisi Masyarakat, tetapi lebih luas lagi, di bidang pemberdayaan dan sosial ekonomi lainnya. Lebih lanjut, Wakapolsek Semarang Utara, AKP Hery.S dan Kanit Patroli Polsek KP3, Ipda Sri Waluyo, yang juga hadir meminta masyarakat bersama Polri, menciptakan kondusifitas lingkungan yang lebih baik lagi.

Melengkapi serangkaian pembicaraan pada acara itu, Kanit Polmas Polrestabes Semarang, AKP. Utri menjelaskan bahwa ini adalah per-polisi-an masyarakat. Bukan lantas masyarakat dijadikan polisi, tetapi bila melihat suatu kejadian atau masalah, yang berimplikasi pada tindak pidana ringan, masyarakat bisa menyelesaikannya sendiri melalui FKPM.

Dalam penanganan perkara-perkara ringan tindakan pre-emtif, preventif nampaknya menjadi pilihan pertama, sebelum tindakan represif yang semakin dihindari. Menutup serangkaian kegiatan, Mardiyono, Ssos, Lurah Tanjungmas meminta kepada semua pihak untuk dapat saling berkerjasama dan menciptakan harmonisasi keselarasan kerja di lingkungan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. ***

Exit mobile version