Fosmi USB Selenggarakan Seminar Islam

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

SOLO (Tubas) – Universitas Setia Budi (USB) Surakarta mengadakan kegiatan seminar Islam baru-baru ini, dengan tema Rahasia Hidup Sehat Jiwa Seorang Muslim. Acara ini diselenggarakan Forum Silaturrahim Mahasiswa Islam (Fosmi) USB Surakarta.

Menurut Ketua Fosmi USB Surakarta, Pandu Misi Pribadi Pangestu, seminar Islam ini diselenggarakan jam 06.00-11.45, diisi beberapa acara, di antaranya 2 orang narasumber, yaitu DR. Yadi Purwanto, MM.Psi dan Andri Putranto dr Msi. Sedangkan Pandu Misi Pribadi Pangestu sebagai penanggung jawab seminar.

Dalam makalahnya, DR. Yadi Purwanto, MM.Psi mengatakan, hidup sehat Islam ada 4 yaitu, 1. Pola Makan yang seimbang : tidak berlebihan dan berkualitas. 2. Pola Istirahat yang baik : larangan berlebihan dalam ibadah sekalipun, anjuran tidur sejenak di siang hari (qallullah), anjuran tidur di awal malam (tidak begadang), posisi tidur yang nyaman bagi lambung dan jantung. 3. Olahraga teratur : anjuran secara umum menjaga kekuatan, contoh dan praktek Rasulullah SAW, bukan termasuk permainan sia-sia. Yang ke-4. Menjaga Kebersihan : kesehatan pakaian dan kesehatan badan.

Kaidah syariah dalam kesehatan ada 3, yaitu kaidah 1 : Meyakini bahwa yang menyembuhkan adalah Allah SWT. Kaidah 2 : Menggunakan pengobatan tidak haram. Kaidah 3 : Menggunakan pengobatan yang masuk akal. (slamet abiding)

Berita Terkait

Komentar

Komentar