Gaikindo Berharap Suku Bunga Bank Tak Naik

suku-bunga

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berharap suku bunga perbankan tidak naik, sekali pun Bank Indonesia menaikkan BI Rate. Diharapkan pula suku bunga turun pada 2015.

Harapan itu disuarakan oleh Sekretaris Umum Gaikindo, Noegardjito, kepada tubasmedia.com, Kamis (20/11/2014) petang, sehubungan dengan naiknya BI Rate 25 basis, menjadi 7,75 persen, sebagai respons atas kenaikan harga BBM bersubsidi, Selasa (18/11). Naiknya BI Rate dikhawatirkan akan menaikkan suku bunga bank.

Dikemukakan, naiknya harga BBM bersubsidi dan BI rate akan berdampak pada penundaan pembelian kendaraan bermotor. Oleh karena itu diharapkan suku bunga tidak naik.

Menurut Noegardjito, lebih dari 65 persen penjualan kendaraan bermotor dilakukan melalui “leasing” atau kredit. Mengingat hal tersebut, maka proyeksi penjualan otomotif domestik tahun 2014 ditetapkan hanya sebesar 1,2 juta unit, atau sama dengan volume penjualan tahun 2013.

Ia berpendapat, selama likuiditas lembaga keuangan terjaga, tidak ada masalah yang terkait dengan pembiayaan. Hanya mahal, karena bunganya lebih tinggi. (ender)

Berita Terkait

Komentar

Komentar