Gakin Dicoret Tanpa Alasan Jelas

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

GUNUNGKIDUL, (TubasMedia.Com) – Ribuan warga miskin (Gakin) di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta dicoret dari daftar data Rumah Tangga Miskin (RTM). Pada hal jumlah RTM meningkat dari 77.000 menjadi 93.944. Bahkan ada sejumlah dusun yang mengalami kenaikan lebih 60 persen.

“Penetapan angka RTM tersebut dilakukan tim Nasional Penanggulangan dan Pencegahan Kemiskinan (TNP2K),” kata Kabag Kesra Pemkab Gunungkidul, Agus Hartati menjawab wartawan, di kantoprnya, belum lama ini.

Banyak warga telah melakukan klarifikasi ke desa, kecamatan bahkan ke Pemkab. Namun Pemkab tidak dapat melakukan perubahan. Ada kemungkinan terjadi perubahan jika ada warga miskin yang meninggal dunia, lalu diganti nomer urutnya.

Wakil Ketua Komisi D, DPRD Gunungkidul, Warto mengaku banyak menerima keluhan satu desa di Semin, puluhan RTM dicoret dari daftar tanpa alasan yang jelas. Jika tidak segera dilakukan perbaikan data, dikhawatirkan akan menjadi kemelut berkepanjangan yang memicu perbuatan anarkis yang bersumber pada masalah sosial ekonomi. (irwan)

Berita Terkait

Komentar

Komentar