Gandeng Jepang Pemkot Bandung Selesaikan Masalah Sampah

Ilustrasi Sampah

Ilustrasi Sampah

BANDUNG, (tubasmedia.com) – Pemkot di Jepang berminat menjalin kerja sama dengan Kota Bandung dalam pengelolaan sampah. Pemkot Hamamatsu, akan bekerja sama dalam bidang persampahan dan pertukaran budaya. Kerjasama ini dikuatkan dengan penandatanganan Memorantum of Understanding (MoU) Desember 2014 mendatang.

“Kota Bandung selama 12 bulan ini banyak banget diminati kota-kota di Jepang. Ada Tokyo, Hamamatsu, Toyota. Hamamatsu yang akan menjalin kerja sama,” kata Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil usai penjadi pembicara di Hotel Amaroosa, Bandung, Jumat lalu.

Ridwan menerima kunjungan pejabat Pemkot Hamamatsu di Balai Kota Bandung. Dengan Kota Hamamatsu, Kota Bandung akan menjalin kerja sama dalam bidang persampahan, smart city, dan pertukaran budaya. Kerja sama budaya dilakukan karena Hamamatsu merupakan kota industri alat musik yang terkenal.

Kerja sama dengan Kota Hamamatsu akan dipererat melalui nota kesepahaman atau MoU. Rencananya, MoU antar kedua kota ini akan ditandaangani Desember mendatang. “Kita targetkan pada Desember mendatang akan menandatangani MoU untuk jangka pendek, menengah, dan panjang,” kata pria yang akrab disapa Kang Emil ini.

Kerja sama jangka pendek, di bidang sampah dan pertukaran budaya. Untuk urusan sampah ini akan ada penerapan teknologi ramah lingkungan, yakni 3R (reduce, reuse, recycle). “Urusan sampahnya lebih ke pengelolaan 3R, mereka memiliki teknologi 3R yang diterapkan untuk skala rumah tangga,” ujarnya.

Kerja sama jangka panjang, bakal ada revitalisasi kota dan energi. “Mereka itu kota kreatif. Mereka serius maka mereka akan habis-habisan membantunya,” kata Emil. (binus)

Berita Terkait

Komentar

Komentar