Site icon TubasMedia.com

Gangguan Tidur Yang Sering Tidak Disadari

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Kehidupan modern kini membuat kebanyakan dari Anda menghabiskan waktu sehingga minimnya waktu tidur. Tidur yang nyenyak akan membuat bangun di pagi hari terasa bugar.

Bahkan terkadang aktivitas padat kita menyebabkan gangguan pada tidur. Butuh waktu yang tidak sedikit dan berlebihan untuk dapatkan kualitas tidur yang bagus. Gangguan tidur seringkali tidak disadari pelakunya. Ini yang membuat kualitas tidur terganggu hingga pagi hari terbangun justru badan terasa sakit dan tidak fit.

berikut gangguan tidur yang sering tidak disadari penderitanya.

Mendengkur
Mendengkur menandakan mengendurnya lidah dan otot tenggorokan. Ini yang kemudian mempersempit saluran udara. Bentuk langit-langit atau berat badan berlebih juga dapat menjadi pemicu dengkuran. Dengkuran dapat memicu terbangun saat merasa sesak. Untuk menghindari dengkuran, pada saat tidur hindari posisi tengkurap atau posisi yang membuat saluran napas lebih terasa jatuh.

Gigi Berbunyi
Apakah Anda pernah atau sering bangun dengan rahang sakit atau sakit kepala kronis? Jika demikian, Anda mungkin menggertakkan gigi dalam tidur semalam. Para ahli percaya bahwa gigi bunyi, yang sekitar 16 persen dari kita, terkait dengan kecemasan. Seorang dokter gigi menyarankan untuk mengelola stres sehingga kebiasaan ini bisa dihindari. Anda juga harus berada dalam posisi mulut yang menghindari gigi beradu.

Insomnia
Kondisi ini merupakan yang paling banyak dikeluhkan. Tidak bisa mengantuk bahkan hingga di luar batas wajar waktu tertidur orang normal. Sindrom ini umumnya terjadi di kalangan remaja dan kadang-kadang berlanjut hingga dewasa. Jika Anda tidak tidur setidaknya tujuh jam pada waktu malam, Anda berisiko lebih besar dari tekanan darah tinggi dan diabetes. Mulailah membersihkan diri dan tempat tidur sebelum istirahat. Anda harus mengurangi kafein. Hindari barang elektronik mulai dari ponsel hingga televisi 90 menit sebelum tidur.

Kaki Gelisah
Satu dari sepuluh orang diduga terkena disfungsi dalam cara otak memproses dopamin neurotransmiter. Pada saat tidur kadang kita tak sadar menggerakkan kaki. Orang-orang yang memiliki zat besi yang rendah, lebih besar kemungkinannya untuk menggerakkan kaki-kaki saat tidur. Anda dapat menerapi dengan menggunakan es batu. Es batu dibungkus dan dipijat-pijat di kaki untuk membuat rileks.

Berjalan dan Makan saat Tidur
Untuk alasan yang tidak sepenuhnya dipahami, somnambulists yang sebagian terangsang di malam menjadi salah satu penyebabnya. Penderita aktivitas ini seperi zombie yang berjalan atau beraktivitas dengan mata yang terpejam. Perilaku ini terjadi dengan kurang tidur sebagai pemicunya. Obat penenang bisa menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan tidur yang lebih baik. (riska)

Exit mobile version