Ganjar Menang Telak Sebagai Capres 2024

REPLIKA – Replika Gubernur Jawa Tengah sedang main catur dengan wakilnya dipajang di Bandar Udara Achmad Yani, Semarang, Jawa Tengah. Ini sebuah karya seniman yang sangat kreatif dipajang sedang main catur saat negeri kita memasuki tahun politik. Gambar diabadikan, Selasa, 09 November 2022.-tubasmedia.com/sabar hutasoit

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menang telak sebagai calon presiden (capres) dalam Musyawarah Rakyat (Musra) Relawan Jokowi yang digelar di Batam, Kepulauan Riau.

Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia, Andi Gani Nena Wea mengatakan, Ganjar Pranowo menduduki urutan pertama dengan perolehan 322 suara atau 30,21 persen dari 1.066 responden.

“Nama Pak Ganjar mendominasi. Bahkan, menang telak di Kepulauan Riau, dengan 30,21 persen,” kata Andi dalam keterangan resmi yang diterima redaksi, Rabu (9/11/2022). Suara yang diperoleh Ganjar terpaut jauh dengan sejumlah nama lainnya dalam bursa capres.

Dalam Musra di Batam itu, posisi kedua diduduki oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dengan perolehan suara 18,20 persen. Sementara itu, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menduduki urutan ketiga dengan suara 16,80 persen.

Selanjutnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 14,35 persen, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 7,04 persen, dan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko 5,72 persen. Kemudian, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meraup suara 2,53 persen, diikuti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 1,78 persen, Ketua DPR RI Puan Maharani 1,31 persen, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 0,84 persen.

“Ini pertama kalinya Ganjar telak di sepanjang lima kali penyelenggaraan Musra. Di Musra sebelumnya, memang konsisten di tiga besar,” ujar Andi.

Untuk calon wakil presiden (cawapres) di Musra Kepulauan Riau, Sandiaga Uno menempati urutan pertama dengan 299 suara atau 28,04 persen. Disusul oleh Moeldoko dengan suara 16,98 persen, Airlangga Hartarto 14,82 persen, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Arsjad Rasjid 7,79 persen.

Selanjutnya, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD 7,32 persen, Anies Baswedan 5,16 persen, Ridwan Kamil 4,41 persen, Puan Maharani 3,10 persen, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa 2,72 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono 2,53 persen.

“Untuk capres Pak Ganjar dan Pak Prabowo selalu di tiga besar. Sedangkan untuk cawapres, Pak Moeldoko, Pak Arsjad, dan Pak Mahfud konsisten masuk di lima besar,” kata Andi.

Untuk diketahui, Musra di Kepulauan Riau merupakan gelaran yang kelima. Dalam waktu ke depan, kata Andi, pihaknya akan menggelar Musra di Makassar Sulawesi Selatan dan Banten. Setelah dua wilayah tadi, Musra juga akan digelar di Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur, dan lainnya. (sabar)

 

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.