Ganjar Pranowo Paling Tinggi Disukai Responden, Sementara Puan Maharani Paling Rendah

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Lembaga survei Saiful Mujani Research Center (SMRC) merilis hasil survei terkait tingkat kesukaan responden terhadap calon presiden (capres) jika pemilihan umum (pemilu) dilaksanakan hari ini.

Dari lima nama yang berpeluang maju Capres 2024, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi yang paling disukai. Sementara tingkat kesukaan terhadap Ketua DPR RI Puan Maharani paling rendah. Direktur Riset SMRC Deni Irvani awalnya menjelaskan bahwa ada banyak faktor yang membuat seseorang mendukung capres tertentu. Dari sisi psikologis, faktor yang paling dasar untuk bisa seorang capres dipilih adalah awareness atau pengenalan.

“Tidak mungkin pemilih memilih nama yang dia tidak kenal. Paling tidak dia harus kenal dulu,” ujar Deni dikutip dari akun YouTube SMRC, Rabu (21/12/2022).

Deni lantas memaparkan tingkat popularitas lima tokoh yang berpeluang maju sebagai Capres 2024. Mereka adalah Ganjar Pranowo, Puan Maharani, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Di antara kelima nama itu, Prabowo adalah sosok capres yang paling populer.

“Prabowo adalah tokoh yang paling dikenal masyarakat. Sudah hampir semua orang tahu, 95 persen dari pemilih tahu Prabowo,” kata Deni. Menurutnya, hal itu wajar karena Prabowo sudah maju sebagai capres berkali-kali. Terlebih, Prabowo juga merupakan seorang ketua umum partai dan menteri di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Dari survei Desember 2022, Ganjar tokoh yang paling positif, likeability-nya paling tinggi. 87 persen dari yang kenal itu menyatakan suka pada Ganjar,” katanya.

Di bawah Ganjar, ada Anies Baswedan dan Prabowo yang tingkat kesukaannya tidak jauh berbeda. Anies disukai oleh masyarakat sebanyak 78 persen, sementara Prabowo 77 persen. Kemudian, Airlangga dengan tingkat kesukaan 70 persen. Puan menjadi capres yang tingkat kesukaannya paling rendah.

“Ini yang lebih bisa menjelaskan kenapa Ganjar sementara lebih unggul dari nama-nama lain. Karena dia lebih disukai,” katanya lagi. (sabar)

 

 

 

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.