Ganjar Pranowo Semakin Unggul Nyapres 2024, Prabowo Tertinggal Jauh

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tetap unggul atas dua bakal calon presiden (capres) lainnya, yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Hal ini merupakan salah satu temuan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk “Prospek Anies Baswedan di Pilpres 2024” yang ditayangkan melalui kanal YouTube SMRC, Kamis (8/9/2022).

Direktur Riset SMRC Deni Irvani mengatakan hasil survei menunjukkan jika pemilihan presiden diadakan sekarang dan diikuti tiga calon, yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto, serta semua pemilih tahu ketiga calon tersebut, maka Ganjar Pranowo mendapat dukungan 44,6%, unggul signifikan atas Prabowo Subianto (25,7%) dan Anies Baswedan (21,7%). Sebanyak 8% responden tidak memberi jawaban.

“Selisih suara Prabowo dan Anies Baswedan tidak signifikan secara statistik, sehingga tidak bisa disimpulkan siapa yang lebih unggul dari keduanya,” ujar Deni.

Hasil simulasi dari ketiga calon tersebut menunjukkan tidak ada tokoh yang mendapatkan suara lebih dari 50%. Karena itu, pilpres kemungkinan akan terjadi dalam dua putaran.

Seandainya yang maju ke putaran kedua adalah Anies Baswedan melawan Ganjar Pranowo dan semua pemilih tahu keduanya, Ganjar Pranowo mendapat dukungan 56,4% atau unggul signifikan atas Anies Baswedan yang mendapat dukungan 32,6%. Sebanyak 11% responden tidak memberikan jawaban.

Namun, jika Ganjar Pranowo dikeluarkan dari simulasi dan yang bertarung adalah Anies Baswedan melawan Prabowo Subianto, serta semua pemilih tahu keduanya, Anies Baswedan mendapat dukungan 38% suara, bersaing ketat dengan Prabowo yang mendapatkan dukungan 41,5%. Dukungan kepada kedua calon tersebut tetap tidak berbeda signifikan secara statistik, sehingga tidak bisa disimpulkan siapa yang lebih unggul. Sebanyak, 20,4% responden tidak memberi jawaban.

“Jika Anies Baswedan menghadapi Prabowo Subianto, serta Ganjar Pranowo tidak ikut bersaing, maka peluang Anies Baswedan menang atas Prabowo cukup terbuka. Namun, jika Ganjar Pranowo ikut bersaing, peluang Anies Baswedan menang menjadi kecil,” kata Deni.

Lebih jauh, Deni menjelaskan alasan Anies Baswedan lebih kompetitif menghadapi Prabowo, tetapi berat dalam menghadapi Ganjar Pranowo. Hal ini terkait dengan tingkat kesukaan terhadap Anies Baswedan yang mencapai 74%, sedikit di atas Prabowo Subianto sebesar 71%, tetapi cukup jauh berada bawah Ganjar Pranowo dengan tingkat kesukaan mencapai 83%.

Survei SMRC dilakukan secara tatap muka pada 5-13 Agustus 2022. Survei melibatkan 1.220 responden yang dipilih secara random dengan margin of error sebesar ± 3,1% pada tingkat kepercayaan 95%.(sabar)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.