Gebrakan Terbesar, Bekuk 9 Pelaku 840 Kilogram Sabu

070115 NAS 7

JAKARTA,(tubasmedia)– Sepanjang sejarah keberadaan Badan Narkotika Nasional (BNN) upaya memberantas peredaran narkoba, penggerebekan sindikat narkoba jenis sabu di kawasan Lotte Mart Taman Surya Kalideres Jakarta Barat, Senin (5/1/2015) berhasil membekuk sembilan pelaku beserta barang bukti seberat 840 kilogram narkoba jenis sabu sebagai hasil gebrakan terbesar se-Asia.

“Ini penangkapan terbesar BNN. Bahkan juga penangkapan terbesar se-Asia,” ujar Deputi Pemberantasan BNN, Brigjen Pol Dedi Fauzi di Jakarta, di Jakarta, Rabu (7/1/2014).

Diungkapkan, pada Senin itu, BNN berhasil menggerebek sembilan orang tersangka saat melaksanakan transaksi narkotika di kawasan Lotte Mart Taman Surya, Kalideres Jakarta Barat (Jakbar).

Kesembilan tersangka terdiri dari empat orang WN Hongkong, satu orang WN Malaysia dan empat orang WNI, masing-masing berinisial SL, SN, TST, TSL, CHM, WCP, SII dan ADK.

Dalam penggerebekan itu, BNN menyita 42 karung berisi sabu. Masing-masing karung berisi 20 kemasan kopi dengan berat satu kilogram per-kemasan kopi. Dengan demikian BNN menyita 840 kilogram sabu.

Menurut Dedi, sindikat itu sudah bertahun-tahun menjadi buruan Malaysia, Hongkong, Tiongkok, Filipina , Myanmar, Thailand dan Indonesia. Sedangkan BNN sendiri sudah tiga tahun terakhir memburu jaringan ini.

“Mereka sudah kita incar selama tiga tahun lebih tapi efektifnya setahun terakhir,” kata Dedi seraya menjelaskan bahwa sabu seberat 840 kilogram tersebut berasal dari Guangzhou, Tiongkok dengan maksud untuk diedarkan di Indonesia. (marto tobing)

Berita Terkait

  • Tidak Ada

Komentar

Komentar