Genjot Sawah Baru, Mentan akan Bagikan 100.000 Unit Alsintan

P1010011

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Menteri Pertanian Amran Sulaiman menargetkan sawah baru seluas 200 ribu hektar. Untuk merealisasikannya, bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dinaikkan menjadi 100 ribu unit di 2016.

“Pada tahun ini, kita targetkan 200 ribu hektar sawah. Dan, untuk dukung itu kita akan bagikan sekitar 100 ribu alsintan,” kata Mentan Amran di Jakarta, Senin (04/01/2015).

Mentan Amran mengakui, setiap tahunnya kementan hanya menyiapkan sekitar 4.000 sampai 5.000 alsintan. Jumlah ini dinilai masih jauh dari cukup.

“Misalnya, kalau tanam, perlu 25 orang per 1 hektar. Dengan alsintan cukup 1 orang saja. Dan, dulu biaya tanam mencapai Rp 2 juta per hektar. Dengan alsintan bisa ditekan menjadi Rp 1 juta. Dengan begitu, biaya produksi yang harus ditanggung petani menjadi turun. Selain itu, waktu tanam bisa semakin singkat,” tutur Amran.

Kata Mentan Amran, penggunaan alsintan terbukti bisa membuat petani lebih mengirit biaya produksi sampai 40%. Artinya, petani bisa menjadi lebih efisien dan menjanjikan kesejahteraan.

Mentan Amran memastikan, pelaksanaan tender pengadaan alsintan sampai penanda tanganan kontrak yang digelar hari ini, sudah sesuai aturan. Kementan tentunya berpatokan kepada harga dan kualitas barang.

“Dengan menggunakan alsintan e-catalog, kualitas produk lebih terjamin selain harga juga kompetitif ini untungnya kualitas tejamin, harga murah tidak pake lama cepat distribusi dan sangat menguntungkan nantinya,” tandasnya. (sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar