Gerakan Pramuka Kota Probolinggo Gelar Muscab

Untitled

PROBOLINGGO,(tubasmedia.com)-Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka adalah salah satu agenda rutin setiap lima tahun sekali untuk memilih dan membentuk kepengurusan Gerakan Pramuka Kota Probolinggo. Seperti halnya yang dilakukan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Probolinggo, beberapa waktu lalu, bertempat di Hall Puri Manggala Bhakti Kantor Wali Kota.

Agenda Muscab kali ini yaitu laporan pertanggungjawaban pengurus masa bakti 2010-2015 dan pembentukan kepengurusan masa bakti 2015-2020. Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Kota Probolinggomasa bakti 2010-2015 mengatakan, Gerakan Pramuka adalah sarana untuk membentuk watak generasi muda yang tangguh demi kemajuan bangsa.“Gerakan Pramuka mempunyai misi dan visi yang positif, dan bahkan sekarang sudah menjadi ekstrakurikuler wajib di sekolah. Untuk Kwarcab Kota Probolinggo selama ini sudah mendapat banyak penghargaan.,” kata Drs. H. Bandyk Soetrisno, M.Si.

Ia mengatakan, pengurus selama ini telah berusaha maksimal untuk melaksanakan program kerja dengan sebaik mungkin. “Kalau boleh saya menyarankan, dalam menyusun kepengurusan hendaknya ditekankan pada kesanggupan dan kesungguhan untuk bekerja tanpa pamrih, meningkatkan kerja sama dengan Dinas Pendidikan, Dispora (Dinas Kepemudaan dan Olahraga), Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), semua Kwartir Ranting, dan pihak terkait lainnya”.

Keberhasilan suatu organisasi, khususnya Gerakan Pramuka, kata dia, bisa diraih atas kerja sama semua pihak dan bukan karena satu sosok orang saja. “Maka dari itu, untuk kepengurusan Kwarcab Pramuka Kota Probolinggo yang baru, kami berharap agar sebisa mungkin untuk lebih meningkatkan kerja sama yang baik,” imbuhnya.

Wali Kota Probolinggo,Rukmini mengatakan, Gerakan Pramuka Kota Probolinggo harus bergerak dinamis dan mempunyai program kerja yang memiliki kualitas serta kuantitas. “Jiwa nasionalisme harus terus ditumbuhkembangkan guna memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa,” katanya.

Gerakan Pramuka harus menjadi salah satu lokomotif kepemudaan dalam membangun sumber daya manusia yang kuat. Kepekaan dan keterampilan harus diasah secara berkesinambungan. “Anggota Gerakan Pramuka harus mempunyai jiwa dan mental yang kuat dalam berbagai keadaan, sehingga dapat menjadi salah satu pilar kekuatan bangsa,” terangnya..

“Siapapun nantinya yang terpilih menjadi Kakwarcab Kota Probolinggo harus lebih siap, lebih baik, dan mempunyai visi misi yang jelas.Tanggung jawab dan pekerjaan rumah cukup berat, dan salah satunya adalah menambah kuantitas serta kualitas anggotanya,” katanya.(haroem)

Berita Terkait

Komentar

Komentar