Golkar Taput Selenggarakan Pelatihan Pengrajin Berbasis Ulos

TARUTUNG, (tubasmedia.com) – Puluhan warga perempuan dari berbagai desa Kecamatan Tarutung mengikuti pelatihan industri kecil dan menengah (IKM) berbasis ulos.

Selama 3 hari secara marathon dilaksanakan di Sekretariat  DPD II Partai Golkar di Jalan DI Panjaitan Tarutung Tapanuli Utara sejak Rabu (21/04) hingga Jumat (23/04).

Ketua DPD II Partai Golkar Tapanuli Utara, FL Fernando Simanjuntak SH MH kepada tubasmedia.com, Jumat (23/04) menjelaskan pelatihan itu terlaksanakan atas prakarsa Lamhot Sinaga, anggota DPR/MPR RI dari Fraksi Partai Golkar dengan menggandeng Kementerian Perindustrian RI.

“Kepedulian Pak Lamhot itu disambut kader-kader Partai Golkar dengan memberikan fasilitas tempat dan tenaga,’’ katanya sambil menambahkan, Lamhot Sinaga yang diberangkatkan dari Dapil II terus-menerus memberikan perhatian kepada bonapasogitnya.

‘’Pelatihan ini berskala kecil tetapi diharapkan mampu menumbuhkan motivasi kepada para pengrajin untuk semakin kreatif dengan memanfaatkan potensi budaya sebagai basis produksi,” ujarnya.

Fernando juga mengharapkan dan mendorong agar kedepan ada kelompok atau pengusaha yang berkenan melanjutkan pembinaan ini menjadi usaha berorientasi pasar nasional dan internasional sekaligus mendukung program pemerintah di sektor pariwisata.

Sayap Partai Golkar KPPG (Kesatuan Perempuan Partai Golkar) Tapanuli Utara turut andil sebagai kordinator pelaksana pelatihan yang dinakhodai Hetty Hutauruk.

Peserta pelatihan diikuti puluhan orang kaum perempuan dilatih secara kreatif membuat berbagai barang dengan bahan baku ulos. Diantara barang yang diproduksi yaitu masker, tas dan dompet. (tony)

 

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar