GP2S Penting Bagi Pengelolaan Lingkungan Hidup

231014-nas1

PROBOLINGGO, (tubasmedia.com) – Memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) tahun 2014, SMKN 1 Kota Probolinggo mencanangkan gerakan pemungutan dan pemilahan sampah (GP2S). Kegiatan itu menjadi bagian penting dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, khususnya kebersihan dan pengelolaan sampah melalui pelaksanaan 3R (reduce, reuse, recycle) sampah di sekolah.

Kegiatan GP2S yang melibatkan seluruh siswa dan para guru ditandai pelepasan burung di halaman sekolah. Kegiatan ini membantu program pemerintah dalam penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 26% tahun 2020. Sekitar 2,6% dari sektor persampahan dan 70% dari kegiatan TPA.

Gerakan memungut dan memilah sampah adalah gerakan yang dicanangkan pemerintah pusat hingga ke daerah. Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat melalui kesehatan pengelolaan sampah dan sanitasi di lingkungan sekolah, rumah tangga, lingkungan perkotaan dan fasilitas-fasilitas umum.

Gerakan pemungutan dan pemilahan sampah di Sekolah dilaksanakan dengan mengacu pada konsep pengelolaan sampah dan sanitasi yang meliputi lima aspek yaitu peraturan, kelembagaan, pendanaan, sosial budaya, dan teknologi.

Kepala Sekolah SMKN 1 Kota Probolinggo Didik Puwandi menjelaskan GP2S merupakan gerakan kebersihan dan penghijauan semesta. Gerakan ini diharapkan dapat memacu masyarakat berpartisipasi aktif meningkatkan pengelolaan sampah dan sanitasi. “Sebagai Kota Peraih Adipura Kencana juga Adiwiyata wajib memiliki nilai baik dan fokus pada perkantoran, sekolah, puskesmas dan rumah sakit, sungai, pasar dan sarana transportasi,” katanya. (haroem)

Berita Terkait

Komentar

Komentar