Gratis Sumbangan Pendidikan SMA Negeri Tasikmalaya

241114-nasional-7

 

TASIKMALAYA, (Tubasmedia.com) – Mulai tahun pelajaran 2014/2015 dana sumbangan pendidikan bulanan di SMA Negeri di Kota Tasikmalaya gratis, janji Wali Kota Tasikmalaya, H. Budi budiman.

Wacana penggrastisan biaya pendidikan yang dilontarkan walikota itu, menjadi teka-teki di kalangan DPRD dan tokoh masyarakat Tasikmalaya. Alasanya, pernyataan itu dinilai tidak lengkap karena sekolah masih diperbolehkan me¬nerima sumbangan da¬na pendidikan dari masyarakat.

Dengan adannya pernyataan tersebut ba¬nyak orang tua siswa SMA Negeri yang belum membayar dana sumbangan pendidikan ke sekolah.Padahal sekolah sangat membutuhkan dana tersebut untuk membiayai berbagai kebutuhan yang belum tertanggulangi oleh anggaran pemerintah, kata Ketua Komisi 4 DPRD Kota Tasikmalaya Wahyu Sumawidjaya.

Wali Kota Tasikmalaya, H. Budi Budiman dalam pertemuan dengan para kepala sekolah SMA/SMK Negeri, baru-baru ini mengatakan, saat ini anggaran untuk bantuan pendidikan sangat besar. Tidak hanya dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), pemkot sendiri tahun ini mengucurkan dana fasilitasi sekitar Rp 3,6 miliar untuk membantu membebaskan iuran bulanan siswa-siswi SMA dan SMK Negeri.

Tahun depan, tambah Budiman akan ditambah Rp 7,6 miliar. Jumlah itu sudah termasuk penghargaan kepada guru dan honorer. Pemkot Tasikmalaya menargetkan alokasi dana sekitar Rp 13,7 miliar per tahun untuk kebutuhan peningkatan sarana dan prasarana pendidikan.

“Kita telah menganggarkan senilai Rp 13,7 miliar untuk membebaskan iuran siswa, dengan dana sebesar itu, secara bertahap bangunan sekolah yang rusak direhab, selain itu ada juga perbaikan sarana penunjang, seperti peralatan laboratorium” katanya. (hakri/dadang)

Berita Terkait

Komentar

Komentar