Gua Bersejarah Terlantar

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

GROBOGAN, (TubasMedia.Com) – Gua sepanjang tujuh kilometer di pegunungan Kendeng Selatan di Desa Sumberjosari Kecamatan Karang Rayung, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Diduga gua itu sebagai tempat persinggahan para pejuang pada masa penjajahan Belanda.

Gua itu terletak tidak jauh dari rumah pemukiman warga, sekitar 500 meter dari arah jalan Karang Rayung – Juwangi. Gua tersebut ada di pinggiran persawah warga Sumberjosari, dekat dengan SMA Negeri 1 Karang Rayung. Sekeliling gua dipenuhi rerumputan yang tinggi layaknya areal pegunungan dan baunyapun masih alami seperti baru di temukan Gua tersebut menjadi tempat hunian berbagai jenis kelelawar

Menurut Puji Daryana (46), warga Desa Watu Pawon Kecamatan Penawangan mengaku pernah masuk menyusuri ke dalamannya gua tersebut. “Saya pernah berusaha masuk ke dalam sejak usia sekolah tahun 1983. Memang di dalamnya seperti terowongan yang bercabang dan berliku seperti kamar- kamar” ungkapnya.

Konon, gua tersebut panjangnya sekitar tujuh kilometer sampai Desa Temurejo. Hutan jati yang rindang dengan poho berukuran besar mengelilingi gua itu. Puji kecewa terhadap pemerintah yang mengabaikan keberadaan gua yang memiliki nilai-nilia historis perjuangan, sehingga stalaktit dan stalakmid di dalamnya rusak karena ulah tangan pengunjung yang tak bertanggung jawab. (sofi)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.