Gubernur Jateng: Kembangkan Kesenian Tradisional

Laporan: Redaksi

Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo

Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo

JAKARTA, (Tubas) – Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo mengajak warga Jawa Tengah di seluruh Indonesia untuk mengembangkan kesenian tradisional, menjaga eksistensi khasanah kebudayaan nasional, serta mendukung terealisasinya misi ke-3 dalam pembangunan Jawa Tengah periode 2008-2013, yakni “memantapkan kondisi sosial budaya berbasis kearifan lokal.”

Hal itu dikemukakan Gubernur Jateng pada saat pembukaan acara Paket Khusus Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo di Gedung Sasono Utomo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Bibit Waluyo mengatakan, kegiatan paket acara khusus Jateng 2011 merupakan kegiatan yang sangat strategis sebagai wahana promosi potensi kebudayaan dan kesenian tradisional untuk mendukung suksesnya pagelaran Visit Jawa Tengah pada tahun 2013 mendatang.

Sementara itu Bupati Sukoharjo Wardoyo SH, MH., mengatakan, “acara paket khusus ini dapat menjadi sarana promosi budaya serta potensi daerah khususnya Sukoharjo yang sangat besar guna mengapresiasikan budaya.

Kepala Seksi Promosi dan Budaya Anjungan Jawa Tengah TMII Winarti Rahayu menjelaskan paket khusus ini merupakan promosi seni budaya, pariwisata dan mengajak para investor. Acara tersebut mmendapatkan kehormatan, “ dengan kehadiran 13 duta besar dari negara sahabat di antaranya AS, Brunei Darussalam, Korea dan Jerman.

Ia mengatakan, acara tersebut juga dihadiri pejabat pemerintah pusat dan daerah, pengusaha, tokoh masyarakat, pemerhati kebudayaan, pihak sekolah pariwisata dan kebudayaan di jakarta, sekolah internasional di jakarta serta paguyuban keluarga besar Jawa Tengah di Jakarta. Saat itu, dipamerkan produk unggulan dan makanan khas Kabupaten Sukoharjo. (audy)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.