Gula Kelapa Komoditas Ekspor Kebumen

111214-EKBIS-6

KEBUMEN, (tubasmedia.com) – Gula kelapa sebagai produk unggulan Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah akan dijadikan komomoditas ekspor. Gula kelapa sebagai produk Industri Kecil Menengah (IKM) dengan 17 ribu perajin yang mampu menghasilkan 22 ton.

Kabid Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Achmad Sudiyono men jelaskan untuk menangani industri gula kelapa telah dilibatkan berbagai instansi terkait dan dikoordinir oleh Badan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Provinsi Jawa Tengah.

“Untuk menghasilkan gula kelapa yang berkualitas Pemkab melakukan pembinaan, dan penyuluhan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil mengolah gula kelapa biasa menjadi gula kelapa kristal yang diekspor” katanya kepada tubasmedia.com di ruang kerjanya, Kamis (11/12/2014)

Saat ini, tambah Achmad mulai dilakukan penanaman pohon kelapa menyiapkan lahan, bibit unggul dan pupuk organik. Kabupaten Ke\bumen akan menyusujl sejumlah kabupaten di Jawa Tengah seperti Banyumas, Cilacap, Purbalingga sudah bisa menghasilkan produk gula kelapa kualitas ekspor . (ahmad)

Berita Terkait