Site icon TubasMedia.com

Guna Menghemat Belanja Investasi, Pertamina EP Kurangi Pengeboran Sumur Minyak

JAKARTA, (tubasmedia.com) – PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi (EP) telah mengajukan persetujuan pengurangan pengeboran 100 sumur minyak pata tahun ini.Hal ini diungkapkan oleh Muliawan, Deputi Pengendalian Operasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) pada Selasa (14/4) dalam acara Indonesia Supply Chain Summit 2015 Upstream Oil and Gas Industri.

Muliawan mengatakan pengurangan pengeboran sumur minyak oleh Pertamina EP hingga saat ini masih belum mendapat persetujuan dari SKK Migas terkait dengan pengurangan kegiatan tersebut.

“Rencana awal anak usaha PT Pertamina (Persero) itu akan mengebor 126 sumur sepanjang tahun ini. Namun, Pertamina EP harus mengurangi pengeboran 100 sumur sebagai efisiensi di tengah anjloknya harga minyak dunia yang menyentuh level US$50-an per barel.” ujarnya.

Menanggapi hal ini, Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan sumur yang dikurangi merupakan sumur eksplorasi, sehingga tidak akan berdampak pada produksi tahun ini. Sumur eksplorasi dikorbankan karena merupakan kegiatan yang berisiko tinggi. Jika tidak meyakinkan untuk mendapatkan cadangan migas, dana investasi tidak akan kembali. Oleh sebab itu, pengurangan pengeboran sumur dilakukan guna penghematan belanja investasi. Di tengah lesunya harga minyak.(rika)

Exit mobile version