Hannover Messe, Momentum Menjadikan Pelaku Industri yang Sensitif Terhadap Penggunaan Teknologi Baru

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Kita jadikan momentum pelaksanaan Hanover Messe ini sebagai daya tarik bagi industri kecil dan menengah untuk menjadi early adopters, yaitu pelaku industri yang sensitif terhadap penggunaan teknologi baru, serta aktif menggunakan teknologi digital.

Demikian Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dalam sambutannya pada Pra-Konferensi Indonesia Partner Country Hannover Messe 2021 secara virtual di Jakarta, Rabu.

“Ajang Hannover Messe 2021 merupakan momentum bagi industri kecil menengah (IKM) untuk aktif menggunakan teknologi digital,’’ sambungnya.

Menperin menjelaskan, kehadiran Indonesia sebagai Partner Country Hannover Messe 2021 harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memperkenalkan kekuatan teknologi industri dan mendorong keterhubungan Indonesia dengan jejaring rantai suplai global.

Selain itu, mendorong terjadinya transfer teknologi, sekaligus untuk mendorong transformasi ekonomi/industri Indonesia dan pemulihan ekonomi nasional melalui kesepakatan bisnis, kerjasama industri, dan investasi.

Menperin memaparkan, pra-konferensi “Tech Startup For Making Indonesia 4.0”, merupakan sebuah kesadaran akan pentingnya tech startup Indonesia sebagai technology provider dalam ekosistem Making Indonesia 4.0.

“Untuk itu, sudah tepat bahwa Kementerian Perindustrian melalui program startup4industry dari Ditjen Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA), berupaya mendorong implementasi teknologi di industri dan masyarakat dengan solusi teknologi dari tech startup Indonesia,” ujar Menperin.

Menurut menteri, merupakan sebuh kebanggaan bahwa pada 2020, kompetisi Hermes Startup Award Hannover Messe dimenangkan oleh salah satu startup binaan Startup4industry, dan juga pada Hannover Messe 2021, diikuti oleh 63 startup, di mana 23 di antaranya adalah peserta Startup4industry.

Hal ini memperlihatkan bahwa kualitas program Startup4industry telah mampu menghantarkan para startup untuk tampil di event global.

“Sebagaimana tagline Hannover Messe 2021 yaitu connect to accelerate, kegiatan Pra-Konferensi ini diharapkan dapat mendorong terbentuknya sinergitas untuk mempercepat pertumbuhan industri di Indonesia melalui penerapan industri 4.0,” ujar Agus.

Menperin mengharapkan akan lebih banyak startup yang dapat mengakselerasi transformasi teknologi di industri dengan lebih cepat sehingga industri, khususnya IKM, lebih produktif, lebih unggul, dan berdaya saing, harap Menteri. (sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar