Harga Bawang Putih Rp40.000/Kg

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

YOGYAKARTA, (TubasMedia.Com) – Harga komoditas bawang putih di pasaran menembus Rp40.000 per kilogram jauh lebih tinggi atau lima kali lipat harga beras. Cuaca buruk menyebabkan paceklik tanaman bawang baik impor maupun bawang lokal.

Pantauan di beberapa pengecer bawang di sekitar Kota Jogja, rata-rata harga bawang putih dijual Rp36.000 per kilogram. Menurut pedagang, harga terus merangkak naik dari hari ke hari.

“Sekarang mahal bawang putih, saya jualnya Rp36.000 per kilogram,” tutur salah seorang pedagang di kawasan Pasar Legi Jogja, baru-baru ini. Selain mahal, komoditas ini juga berkurang di pasaran. Kalaupun ada, stok yang disediakan sedikit, bahkan ada pula pedagang yang kehabisan stok dagangan.

Kepala Seksi Pengadaan Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) DIY, Sugiono menyatakan, harga Rp36.000 per kilogram sedianya harga rata-rata, sebab di lapangan banyak pedagang yang menjual hingga Rp40.000 per kilogram.

Mahalnya harga bawang putih, akibat cuaca buruk beberapa bulan terakhir yang mempengaruhi produksi bawang di negara pengekspor serta menurunnya produksi bawang lokal. Apalagi sebagian besar bawang putih yang beredar di pasaran, merupakan bawang impor. (red/anthon)

Topik :

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.