Harga Cabe Merah Melambung

151114-EKBIS-1

PEKAN BARU, (tubasmedia.com) – Harga cabai merah di wilayah kabupaten dan kota di Provinsi Riau terus melambung hingga menyentuh angka Rp 100 ribu per kilogram. Kenaikan itu disebabkan oleh bencana letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, belum lama ini.

“Hasil pertanian warga Sinabung di Tanah Karo dipasok ke berbagai wilayah di antaranya ke Riau,” kata Dirjen Standarisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan Widodo di Pekanbaru, Jumat (14/11).

Kenaikan harga cabe merah tersebut, menurut Widodo bukan karena rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi. Namun itu lebih disebabkan oleh gangguan distribusi hasil pertanian Kabupaten Karo yang menyusut setelah bencana letusan Sinabung.

Kenaikan harga cabai merah terjadi di berbagai wilayah kabupaten/kota di Riau termasuk di ibu kota Pekanbaru. Harganya tidak wajar Rp 100 ribu/kg. Harga tersebut jauh melambung dibanding harga biasa yang Rp 20 ribu/kg.

Menurut pedagang di pasar tradisional kenaikan harga cabai merah telah terjadi sejak satu pekan lalu dan terus merambat naik. Pedagang pengecer mengaku kesulitan mendapatkan cabe merah dari distributor karena stok terbatas. (sis)

Berita Terkait