Harga Gula Pasir Merangkak Naik

JAKARTA, (tubasmedia.com) – ┬áHarga gula terus merangkak naik. Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga rata-rata gula secara nasional per Senin (17/2) mencapai Rp 14.600/kg atau naik Rp 100 dari Senin pekan lalu.

Harga per provinsi beragam. Misalnya di Provinsi Papua mencapai Rp 16.600 per kg, di Provinsi Maluku Rp 16.000 per kg, Provinsi Sulawesi Tenggara Rp 15.600 dan di DKI Jakarta Rp 15.000 per kg.

Harga ini lebih tinggi dibandingkan harga acuan penjualan di tingkat konsumen. Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan nomor 7 tahun 2020 tentang Harga Acuan Pembelian di Tingkat Petani dan Harga Acuan Penjualan di Tingkat Konsumen, harga acuan penjualan gula di tingkat konsumen Rp 12.500 per kg.

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Tradisional (Ikappi) Abdullah Mansuri mengakui, harga gula di pasar mengalami kenaikan dalam beberapa hari terakhir.

“Beberapa hari ini harga gula memang naik merata secara nasional. Penyebabnya apa, belum terdeteksi,” ujarnya.

Dia berpendapat, harga ini sudah cukup mengkhawatirkan. Menurutnya, seharusnya terdapat strategi yang seharusnya dilakukan pemerintah agar stok gula terjaga dan harga tidak meningkat.

Menurut Abdullah, beberapa hari terakhir pun stok gula sudah berkurang. (red)

Berita Terkait

Komentar

Komentar