Harga Jaring Ikan di Indonesia Termahal

123743_620

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan harga jaring ikan di Indonesia 25 persen lebih mahal dibandingkan di Singapura. Tak ayal harga jaring ikan di Indonesia menjadi yang paling mahal di kawasan Asia Tenggara.

Harga jaring Indonesia termahal di ASEAN. Sudah gitu nelayan kita miskin,” ujarnya dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (26/1/2015).

Dia menjelaskan, harga jaring ikan di Indonesia mahal dikarenakan pemerintah memberikan tarif bea masuk cukup tinggi pada produk benang nilon impor. Padahal produk ini merupakan bahan dasar pembuat jaring ikan. “Dulu saya ingin protes, bagaimana bisa nilon jaring disamakan dengan nilon pakaian. Tapi sayang, saya ada kesibukan di SusiAir,” jelasnya.

Susi menjelaskan bahwa saat ini impor nilon dikenakan tarif bea masuk sebesar 12 persen. Itu yang kemudian membuat harga nilon di dalam negeri tinggi. Sementara industri produk benang nilon di Indonesia masih belum berkembang. “Produsen jaring hanya satu yang kuat yaitu di Cirebon yang lain tidak bisa,” pungkasnya. (nisa)

Berita Terkait

Komentar

Komentar