Harga Pangan Naik, Koq Menteri Saling Tuding…

2270158

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Aneh. Dampak dari gejolak harga pangan yang terjadi akhir-akhir ini berbuntut aksi saling tuding di antara sesama anggota cabinet dan ini cukup menggelikan. Padahal seharusnya, kondisi yang membebani hidup masyarakat, dimaknai sebagai tanggung jawab bersama.

“Masalah harga pangan harus jadi tanggung jawab bersama dan tidak hanya tanggungjawab Kementerian Perdagangan (Kemendag), ataupun Kementerian Pertanian (Kementan),” kata Abdullah Mansuri, Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKKAPI) di Jakarta kemarin.

Menurut Abdullah, harus diakui bahwa kenaikan harga pangan, dipicu banyak faktor. Artinya, fenomena harga pangan seharusnya dipecahkan bersama-sama. “Jika kementan tak mau disalahkan, maka perbaiki data produksi yang disajikan. sehingga lebih bisa dipertanggung jawabkan,” ungkapnya.

Begitupun dengan Kemendag, lanjutnya, harus melakukan pengawasan pasar dengan cermat. Kedua instansi, disarankan untuk lebih concern dalam mencari solusi, bukan malah beradu argumentasi.

“Pengawasan pasar sangat longgar, sehingga perlu diperketat supaya tidak ada oknum yang tidak bertanggung jawab seperti kartel yang mengambil keuntungan,” tutup Abdullah. (sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar