Harga Pick Up Mahator Rp 50 Juta

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, (Tubas) – Tiga perusahaan menyatakan kesiapannya memproduksi mobil murah. Ketiganya adalah PT Maha Era Motor, PT Super Gasindo Jaya dan PT Inka. PT Maha Era Motor akan memproduksi pick up dengan merek “Unyil”. Manajer Umum PT Maha Era Motor (Mahator) Hengky Hartadi mengatakan mobil jenis pick up ini akan dipasarkan di daerah pedesaan dengan harga sekitar Rp 50 juta per unit. Mobil berbahan bakar premium ini memiliki kapasitas dua penumpang dan daya muat mencapai 500 kilogram.

Menurutnya, saat ini sudah ada pesanan dari Sulawesi dan Jawa Tengah. Mobil ini masih menggunakan mesin dari Cina, namun kandungan lokalnya sudah mencapai 60 persen.

Menteri Perindustrian MS Hidayat menyatakan bahwa pemerintah kemungkinan akan memberikan subsidi harga untuk Unyil. Namun, ia belum mau menyebutkan besaran subsidi tersebut.

“Mobil ini jadi bisa lebih murah karena diperuntukkan bagi angkutan petani,” kata Hidayat. Gubernur Sulawesi Selatan, ujarnya, sudah meminta untuk mengadakan angkutan murah bagi petani di sana.

Hengky menyatakan bahwa pabriknya akan mulai berproduksi tahun depan dengan kapasitas 400-500 unit setahun. Pesanan sudah ada dari Jawa Tengah dan Sulawesi. Untuk saat ini, produksi masih dilakukan Cikampek dan masih menjajaki pembangunan pabrik di Indonesia Timur.

CEO PT Super Gasindo Jaya Koentjoro Njoto menyatakan akan memproduksi sedan merek “Tawon” dan pick up merek “Transformer”. Keduanya dipasarkan di harga Rp 40-50 jutaan. Kini, sudah ada stok 317 unit dan orderan 117 unit. “Kapasitas produksinya mencapai 180 unit per bulan,” katanya.

Selain itu, juga ada Mikrobus Deluxe yang bisa digunakan sebagai angkutan umum. Deluxe ini berkapasitas 40 penumpang, 25 duduk dan 15 berdiri. “Ketiganya memakai tenaga hybrid, bisa dengan premium atau elpiji,” kata Koentjoro. ***

Berita Terkait

Komentar

Komentar