Harga Sembako Mengalami Kenaikan

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) mengatakan, memasuki tahun 2023 beberapa harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan. Ketua Umum APPSI Sudaryono menjabarkan, harga komoditas pangan seperti telur ayam, daging ayam, dan beras sempat mengalami lonjakan harga.

“Kenaikannya antara 10-20 persen untuk komoditas tadi,” ujar dia seperti dilansir Kompas.com, Kamis (5/1/2023).

Selain komoditas pangan tadi, harga cabai juga mengalami kenaikan di awal tahun ini. Komoditas cabai saat ini dijual dengan harga sekitar Rp 80.000 per kilogram.

“Semula harganya Rp 60.000 per kilogram,” timpal dia.

Meski demikian, ia menyebut, harga komoditas pangan yang lain relatif berada pada harga yang stabil. Sudaryono justru menyoroti adanya beberapa harga komoditas pangan yang mulai melandai memasuki tahun baru 2023. Misalnya, ia bilang harga telur ayam sudah bisa kembali di bawah Rp 30.000 per kilogram.

“Harga telur (ayam) yang sebelumnya sempai mencapai Rp 31.000 sekarang sudah di harga Rp 29.000 per kologram,” imbuh dia.

Sudaryono menjelaskan, pada awal tahun ini belum ada tanda-tanda kenaikan harga komoditas pangan. Semua komoditas terbilang aman dan stabil. Namun, melihat kondisi cuaca dengan curah hujan tinggi, pihaknya mewaspadai adanya kenaikan pada komoditas beras. “Sebenarnya yang berpotensi naik karena cuaca adalah beras, tetapi kenaikan harga beras akan terlihat nanti pada bulan Maret 2023 karena musim panen,” tandas dia. (sabar)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.