Hari Ini Presiden Joko Widodo Kunjungan Kerja Ke Humbahas

MENINJAU – Kapoldasu Irje Pol Martuani Sormin bersama Plt.Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora dan Kabag Ekbang serta Rukmunal Siregar dari Bagian Protokol Humbahas saat meninjau kesiapan Lokasi Food Estate  yang akan dikunjungi Presiden Jokowi hari ini di Desa Ria-ria Pollung.-tubasmedia.com/edison oppusunggu

 

DOLOKSANGGUL, (tubasmedia.com) – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) hari ini Selasa 27 Oktober 2020 akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Humbang Hasundutan(Humbahas) dalam rangka melihat langsung persiapan Food Estate Hoktikultura dan Penanaman Bawang Merah Bawang Putih serta penyerahan sertifikat tanah kepada 71  Kelompok Tani di Sumatera Utara melalui Virtual Vidcom.

Demikian Kepala Dinas Kominfo Humbahas Hotman Hutasoit melalui telepon selulernya kepada tubasmesia.com di Doloksanggul.

Dalam kunjungan itu, Presiden akan meninjau pengembangan Food Estate Holtikultura di Desa Ria-ria Kecamatan Pollung yang  memanfaatkan lahan 1.000 hektare dari rencana keseluruhan 30.000 ha di seluruh Kecamatan Kabupaten  Humbahas.

Kata Hotman,Presiden  Jokowi akan tiba di Bandar Udara Silangit selanjutnya menuju Desa Ria-ria melihat langsung persiapan Food Estate Holtikultura sekaligus menerima laporan dari Menteri Pertanian Syahrul Hasin Limpo tentang Food Estate dan laporan dari Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono, tentang Infrastruktur di lokasi itu.

Selanjutnya Presiden akan melihat systim pemipaan air dari beberapa Embung yang sudah dibangun dan akan dilanjutkan dengan penanaman bawang merah dan bawang putih pada lahan yang telah siap tanam serta  parade Alsintan.

Usai peninjauan pengembangan Food Estate Holtikultura di Desa Ria-ria Pollung, Presiden akan menuju Stadion Sepak Bola di Desa Simangaronsang untuk menyerahkan Sertifikat Tanah kepada 71 Kelompok Tani di Sumatera Utara secara Virtual dengan Vid.Com.

Kemudian Presiden akan Sholat di Medjid dan selanjutnya menuju Bandara Silangit. “Karena keadaan cuaca kurang baik, diperkirakan Presiden bersama rombongan jam 15.00 sudah meninggalkan Bandara Silangit  menuju Jakarta,” jelas Hotman.

Food Estate Humbahas direncanakan hingga seluas 30.000 hektare di Kabupaten Humbang Hasundutan  yang telah siap digarap dengan potensi yang subur pada ketinggian sekitar 1.400 meter dpl.

Sebelumnya, pada kunjungan kerja Mentan Syahrul Hasin Limpo Food Estate Humbahas,diharapkan nantinya akan menjadi acuan model lumbung pangan bagi daerah lainnya di Indonesia dan kemudian akan dijadikan menjadi Proyek Strategis Nasional.

Selain itu diharapkan Proyek Food Estate Humbahas akan mampu meningkatkan pendapatan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat Sumatera Utara terkhusus Humbahas dan akan mampu menyerap tenaga kerja.(edison ompusunggu)

 

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar