Hendropriyono Sindir Rizieq: Kau yang Mulai Kau yang Mengakhiri…

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Mantan Kepala BIN (Badan Intelijen Negara) Jenderal (Purn) AM Hendropriyono ikut bicara soal polemik pemulangan pentolan FPI Rizieq Shihab dari Saudi Arabia.

Kata dia, tak ada yang melarang Riziq balik ke Tanah Air. Dia pun menyindir Rizieq dengan penggalan lagu Rhoma Irama yang berjudul Kegagalan Cinta; “Kau yang mulai, kau yang mengakhiri.”

Hendro mengaku bingung dengan banyak pihak yang menyebutkan Rizieq susah pulang Indonesia karena dicekal pemerintah. “Pulang saja. Kenapa minta pulang,” tanya mantan Ketum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) itu saat ditemui di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin.

Jika kendala kepulangan Rizieq adalah denda overstay yang mencapai sebesar Rp 110 juta, menurut Hendro, harusnya bukanlah perkara sulit bagi Rizieq. Dia tinggal bayar saja.

“Bayar aja, susah amat. Begini dulu ada lagu, kau yang mulai, kau yang mengakhiri. Dia pergi, pulang sendiri,” ujarnya.

Hendro juga tak sependapat dengan wacana rekonsiliasi yang sempat didengungkan sejumlah kalangan Menurutnya, hal itu tidak lazim. Sebab, sedari awal, tidak ada yang menginginkan perpecahan.

“Siapa yang suruh bertentangan, sehingga ribut rekonsiliasi? Dalam de- mokrasi Pancasila tidak ada rekonsiliasi. Karena tidak ada bermusuhan, persatuan Indonesia,” katanya.

Hal senada dikatakan Politisi PKB Maman Imanulhaq. Menurut dia, Rizieq tak memiliki halangan apapun untuk pulang ke Indonesia. “Jangan-jangan Rizieq gampang untuk pulangnya, tetapi dijadikan komoditas untuk bargain politik, atau dalam bahasa JK itu adalah tumbal,” ujarnya pada saat menjadi narasumber di Kompas TV.

Dia bahkan membandingkan dengan kasus pembunuhan yang pernah dialami Warga Indonesia di Arab Saudi yang begitu mudah bisa dipulangkan. Dia mengaku telah berkoordinasi dengan Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel.

“Saya tanya Pak Agus, kebetulan kader kami, PKB, apakah ada yang namanya diplomasi tentang itu? Enggak ada kok. Rizieq silakan pulang, kendalanya cuma satu, yaitu denda overstay,” ujarnya.(red)

Berita Terkait

Komentar

Komentar