Hengkangnya Ford dari RI Karena tidak Didukung Komponen Lokal

images
JAKARTA, (tubasmedia.com) – Menteri Perindustrian Saleh Husin telah menerima pernyataan resmi Ford Motor Indonesia yang akan menutup semua dealership di Tanah Air. Menurut Saleh, pernyataan Ford ini merupakan indikasi bahwa semakin kuatnya industri automotif nasional dalam persaingan di dalam negeri.

“Untuk merek Ford karena hanya mengimpor mobil dari pabriknya di Thailand, maka tidak akan ada dampaknya bagi industri automotif nasional tapi justru merupakan indikasi kuatnya persaingan automotif Indonesia,” kata menteri di Jakarta kemarin.

Dia menambahkan, mundurnya Ford karena tidak didukung dengan industri komponennya, berbeda dengan industri kendaraan bermotor lain yang industri komponennya sudah cukup dalam, sehingga kendaraan bermotor yang diproduksi di dalam negeri bisa lebih kompetitif dalam persaingan.

“Ford karena hanya mengimpor mobil dari pabriknya di Thailand, sehingga produksinya tidak kompetitif dalam persaingan,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, SAleh Husin mendapatkan penyataan resmi penutupan dealer Ford di Indonesia via email. Saleh mengatakan, apa yang dilakukan Ford telah dikoordinasikan dengan pekerja dan seluruh dealer di Indonesia. (sabar)

Berita Terkait