Hong Kong Resmi Resesi

JAKARTA, (tubasmedia.com) – ┬áHong Kong resmi resesi selama setahun penuh. Ekonominya sulit pulih di tengah pandemi Corona.

Negara yang jadi hub Asia itu ekonominya mengkerut 9% di kuartal II-2020 (April-Juni) dibandingkan posisi setahun sebelumnya.

Ini merupakan keempat kalinya Hong Kong mencatat ekonomi minus. Artinya, sudah setahun penuh ekonomi Hong Kong tidak tumbuh.

Kenapa Hong Kong bisa begini? Mulanya dari maraknya demo anti kebijakan pemerintah setahun lalu, diperburuk dengan adanya perang dagang AS-Cina.

“Laju perlambatan ekonomi Hong Kong mulai stabil berkat adanya stimulus fiskal dan tingginya permintaan di Cina, meskipun konsumsi dalam negeri dan investasi masih melambat,” kata Ekonom Capital Economics Martin Rasmussen dikutip CNN, Kamis (30/7/2020).

Hong Kong juga masih berjuang menghadapi pandemi Corona yang jumlah pasiennya masih terus bertambah. Dalam sehari ada sekitar seratusan pasien baru positif Corona di sana.

“Jalan masih berat dan berliku untuk Hong Kong menuju pemulihan ekonomi,” kata Menteri Keuangan Hong Kong Paul Chan berbicara soal Hong Kong resesi.(sabar)

 

Humbanghas
Humbanghas

Berita Terkait

Komentar

Komentar