HSC Berniat Gandeng China Bangun Industri Komponen Sepeda

Laporan: Redaksi

ilustrasi

Suasana di pabrik rakitan sepeda PT Harapan Sumber Cahaya, Semarang, Jawa Tengah (tubasmedia.com/sabar hutasoit)

SEMARANG, (TubasMedia.Com) – PT Harapan Sumber Cahaya (HSC) berniat menggandeng investor asing dari China untuk mendirikan industry komponen sepeda di Indonesia. Niat ini didasari semakin membaiknya pasar sepeda sementara selama ini, HSC masih sepenuhnya impor sepeda dalam bentuk CKD (completely knock down –terurai).

Demikian Direktur PT HSC, Paul Thendy saat berbincang-bincang dengan TubasMedia.Com di pabrik perakitan, Kawasan Industri Terboyo Megah, Semarang, Jawa Tengah, pekan silam. Ia didampingi Kepala Bagian Produksi, Andika.
Namun kapan usaha kerjasama tersebut akan direalisasikan, Paul mengatakan belum dapat dipastikan. Namun perbincangan kedua belah pihak sudah sering dilakukan bahkan lokasi pabrik-pun sudah disiapkan.

Kini PT HSC sejak Desember 2009 tampil sebagai importir akan sejumlah merek sepeda dalam keadaan terurai dari China. Dalam satu hari, perusahaan tersebut merakit tidak kurang dari 500 unit sepeda dalam berbagai ukuran dan berbagai jenis.

Hasil rakitan dipasarkan ke berbagai kota propinsi di Indonesia. ‘’Permintaan cukup banyak dan terus mengalir dan memang sejak empat tahun silam, permintaan sepeda terus booming. Maka itu kami berniat untuk memproduksi komponen di dalam negeri,’’ jelas Paul.

Menurut Paul, jika usaha kerjasama tersebut terwujud, maka nilai tambah industri komponen sepeda akan bisa dinikmati oleh rakyat Indonesia yang sekaligus akan menyerap tenaga kerja yang tidak sedikit jumlahnya. (sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar