Humbang Hasundutan Kembali Diterjang Angin Puting Beliung

Camat Paranginan, Parlin Siahaan bersama petugas dari BNPB Humbahas sedang membantu perbaikan atap rumah korban -tubasmedia.com/edison oppusunggu

DOLOKSANGGUL, (tubasmedia.com) – Humbang Hasundutan (Humbahas), Jumat 29 April 2022 kembali dilanda angin puting beliung setelah sebelumnya beberapa hari yang lalu kabupaten tersebut diterjang angin puting beliung yang memporak-porandakan belasan rumah penduduk rusak parah..

Kejadian Jumat (29/04),di Kecamatan Paranginan dan Kecamatan Lintongnihuta, Kabupaten Humbahas puting beliung kembali merusak tiga unit rumah yang terletak di Desa Lumban Barat Kecamatan Paranginan.

Sebelumnya beberapa hari lalu empat rumah di Desa Naga Saribu 4 Kecamatan Lintongnihuta juga porak-poranda dihantam angin puting beliung bahkan sebelumnya, 13 unit rumah hancur diterjang angin puting- beliung di desa Sibor-boron Kecamatan Sijama Polang, Humbahas.

“Ini kejadian luar biasa secara beruntun terjadi di Humbahas,” ujar Camat Paranginan, Parlin Siahaan dampingi Kepala Desa Lumban Barat Hotma Siburian saat meninjau kejadian itu.

Menurutnya, saat ini Tim BNPB Humbahas sedang mengidentifikasi kejadian dan siap membantu warga yang kena bencana. Disebutkan, fihak BNPB juga telah memberi tenda plastik kepada korban  untuk mengantisipasi guyuran hujan malam ini.

Sementara itu, Kades Lumban Barat, Hotma Siburian kepada tubasmedia.com menjelaskan bahwa ada tiga keluarga yang terkena bencana di Desa Lumban Barat masing-masing dari Dusun Tiga, satu orang Jannes Siburian, dari Dusun Dua, Soaloon Siburian dan Tumpal Siregar.. “Puji Tuhan, mereka semuanya sehat-sehat saja, tidak ada korban jiwa,” sebut Hotma.

Jannes Siburian pemilik rumah yang hancur itu menjelaskan bahwa kejadiannya sangat cepat. “Saya mendengar suara yang kuat saat hujan es turun dan kami kaget ada suara yang kuat menggelegar dan atap rumah sudah pada terbang  kemana-mana bahkan ada kurang lebih 50 meter bahkan ada yang nyangkut di kabel listrik,” tutur Jannes sembari berurai air mata.

Anggota Pemuda Batak Bersatu PBB) Humbahas sedang membantu korban. -tubasmedia.com/edison oppusunggu

Selain warga masyarakat Desa Lumban Barat, Pemuda Batak Bersatu (PBB) di bawah pimpinan Josfat Siahaan juga turut memberi bantuan kepada para korban beres-beres barang yang luluh lantak diporak- porandakan puting beliung.

Kepala Desa Nagasaribu 4 Kecamatan Lintongnihuta, Tumpak Nababan kepada tubasmedia.com menjelaskan, di desanya pada Kamis 28/4 juga terjadi bencana alam putting-beliung yang menghancurkan 4 unit rumah.

“Telah kami laporkan kepada Bupati Humbahas melalui Camat Lintongnihuta,” terangnya.

Ke empat warganya yang terdampak bencana itu masing-masing, Nerlan Nababan  dengan kerusakan atap rumah, Puji Nababan atap rumah hancur, Tangkas Nababan kerusakan gudang dan kilang padi  serta Jepri Nababan dengan  kerusakan pondok kolam pancing. (edison ompusunggu)

Berita Terkait

Komentar

Komentar