ICW Minta Presiden Jokowi Tidak Pilih Jaksa Agung dari Parpol

301014-hukum5

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Jaksa Agung berlatar belakang partai politik sangat rentan untuk disalahgunakan. Oleh karena itu Indonesia Corruption Watch (ICW) meminta agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak berpikir untuk memilih Jaksa Agung dengan latar belakang dari partai politik.

Sebab menurut Koordinator ICW Divisi Monitoring Hukum dan Peradilan Emerson Yuntho, ada kekhawatiran jika Jaksa Agung berlatar belakang partai politik akan rentan disalahgunakan untuk kepentingan tertentu dan tidak obyektif.

“Jangan sampai ada konflik kepentingan atau justru bisa juga digunakan untuk menjerat lawan-lawan politiknya,” tandas Emerson, saat dimintai tanggapannya oleh tubasmedia.com, Rabu (29/10) via telepon.

Menurut Emerson, selain harus independen, Jaksa Agung yang dipilih Jokowi juga harus berintegritas dan memiliki kapasitas serta menguasai bidang teknis hukum selain mutlak harus memiliki jiwa kepemimpinan. “Jaksa Agung itu harus punya keberanian dan visioner,” kata Emerson menandaskan.

Kemudian, selain Jaksa Agung harus paham kondisi internal dan eksternal kejaksaan juga Jaksa Agung yang baru, harus sedikit bicara, tetapi banyak bekerja. “Jika sampai salah memilih Jaksa Agung akan menjadikan gagasan revolusi mental menjadi terpental,” kata Emerson memperingatkan. (marto)

Berita Terkait

Komentar

Komentar