IHSG Berpotensi Melanjutkan Penguatan

ihsg

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Equity Analyst Ascend, Agus Susanto Benzaenuri melihat IHSG berpotensi melanjutkan penguatan pada perdagangan hari ini, Jumat (9/1/15).

Indeks Dow Jones menguat 1,84% pada level 17.907,87 poin. Nasdaq naik 1,84% pada level 4.736,19 poin. S&P 500 positif 1,79% pada level 2.062,14 poin. Nikkei 225 bergerak naik 0,89%. Bursa Eropa semalam ditutup menguat. FTSE positif 3,34%, DAX naik 2,39% dan CAC naik 3,59%. Minyak WTI pasar Nymex rebound 1,21% pada level US$ 49,41 per barrel. Emas diperdagangkan naik 0,13% pada level US$ 1.212,97 per oz.

“IHSG cenderung melanjutkan penguatan. Sentimen positif kenaikan bursa global pasca pertemuan pengambil kebijakan the Fed yang sepertinya memperpanjang penundaan untuk menormalisasi moneter AS berpotensi direspon positif IHSG,” kata Agus, Jumat (9/1/15).

Di sisi yang lain, bank sentral Eropa yang masih mengakomodasi kebijakan untuk memperkuat likuiditas dan pertumbuhan Eropa yang direspon positif bursa regional Eropa akan membawa katalis penguatan IHSG pada perdagangan hari ini.

Namun, pergerakan pasar masih diwarnai penurunan harga minyak dan melemahnya fundamental ekonomi dalam negeri yang cenderung menahan rebound Rupiah terhadap Dollar AS. Wall Street ditutup menguat. Pasar Wall Street menyambut positif hasil rapat the Fed yang lebih memperhatikan kondisi pasar di luar AS yang masih melambat, seperti Eropa dan Jepang, mitra dagang terbesar AS yang masih mengalami perlambatan ekonomi.

The Fed diperkirakan tidak akan menaikkan suku bunga acuannya setidaknya hingga akhir tahun 2015 ini untuk menciptakan likuiditas diluar pasar AS. Hal ini direspon positif pasar Wall Street dengan kenaikan Dow Jones pada semua komponennya dan indeks S&P yang juga mengalami kenaikan pada semua indeks sektoral. “Dalam setiap tiga saham yang naik, masih terdapat satu saham yang terkoreksi pada perdagangan semalam,” tutur Agus. (angga)

Berita Terkait

Komentar

Komentar