Ilmuwan Diaspora Beri Kuliah Umum di USB

SURAKARTA, (tubasmedia.com) – Usai dibuka Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir, Senin (13/8), melalui kegiatan Simposium Cendekia Kelas Dunia Tahun 2018, para ilmuwan Diaspora akan dipertemukan dengan akademisi dalam negeri dari berbagai perguruan tinggi.

Para ilmuwan akan disebar mengunjungi 55 perguruan tinggi di berbagai daerah, termasuk salah satunya Universitas Setia Budi (USB) Surakarta. Pada Kamis (16/8) di Gedung A.1.3 USB Surakarta, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat USB Surakarta menyelenggarakan Kuliah Umum Diaspora Cendekia Indonesia 2018 dengan tema “Sinergi dan Kolaborasi, Membangun Indonesia dan Peradaban Dunia”.

Dalam sambutannya, Ketua LPPM USB, Dr Supriyono, ST, MT, mengatakan, kegiatan yang diikuti oleh Dosen dan mahasiswa USB ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya digelar di USB.

Tahun ini USB berkesempatan didatangi dua narasumber yakni Prof Akbar Rhamdhani dari Swinburne University of Technology Australia, dan Prof Nawi Ng dari Umea University Swedia.

Sementara itu, Wakil Rektor IV USB, Dr Titik Sunarni, MSi, Apt, saat membuka kegiatan kuliah umum menyatakan, atmosfer kegiatan internasional sudah mulai diikuti oleh beberapa dosen USB, dibuktikan dengan mulai munculnya beberapa publikasi internasional, beberapa dosen juga berkesempatan menikuti short course di luar negeri, serta keikutsertaan dosen dalam seminar-seminar internasional.

Melalui kegiatan ini diharapkan ada peningkatan jejaring internasional, dan para Dosen bisa termotivasi sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kemampuannya untuk mengikuti kegiatan-kegiatan berskala internasional.

Output dari kegiatan ini diharapkan muncul publikasi ilmiah, kerja sama riset, workshop dan coaching, serta kolaborasi lainnya yang bermanfaat bagi pembangunan bangsa, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, juga peningkatan kualitas SDM dan perguruan tinggi Indonesia. (roris)

Berita Terkait

Komentar

Komentar