Inapornet Pelayanan Kapal Diuji Coba di Tanjung Priok

Laporan: Redaksi

ilustrasi

ilustrasi

JAKARTA, (TubasMedia.Com) – Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengimbau semua pemakai jasa pelabuhan agar per tanggal 17 September 2013 sudah aktif menggunakan sistem pelayanan Inapornet dan diharapkan per 1 Januari 2014 Pelabuhan Utama sudah menggunakan pelayanan tersebut.

Wakil Menteri Perhubungan mengatakan hal itu ketika menghadiri uji coba Inapornet Pelayanan Kapal Domestik di Kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Tanjung Priok, minggu lalu. “Inaportnet Pelayanan Kapal Domestik” adalah sistEm layanan tunggal elektronik berbasis internet untuk mengintegrasikan pelayanan informasi kapal domestik dan penanganan barang secara fisik dan standar dari seluruh instansi terkait di Pelabuhan Tanjung Priok.

Wamenhub mengharapkan agar pengguna jasa angkutan laut dalam negeri dapat betul-betul memanfaatkan sistEm layanan tunggal elektronik berbasis internet ini untuk dapat melakukan kegiatan pengurusan yang menyangkut berbagai permintaan layanan di bidang angkutan laut terutama berkaitan dengan operasional kapal dan barang di Pelabuhan Tg.Priok, termasuk dengan pengurusan dokumennya.

Dalam rangka memperlancar arus barang di pelabuhan dan juga menurunkan biaya logistik berbagai upaya telah dilakukan pemerintah selama ini, seperti Electronic Data Interchange (EDI), Simopel serta memperbaiki tata ruang kepelabuhanan.

Membangun layanan berbasis internet sudah merupakan kebutuhan yang mendesak, karena manfaatnya begitu banyak, seperti, mempercepat kelancaran arus barang dan dokumen, kata Wamenhub. (darussalam kadis)

Topik :

Berita Terkait

Komentar

Komentar